Usaha Produksi Kue Rumahan Sangat Menjanjikan
Usaha Produksi Kue Rumahan Sangat Menjanjikan

Kamu memiliki resep kue dan hobi membuat kue di rumah? Jika ya, maka sayang kalau tidak memanfaatkannya menjadi usaha produksi kue rumahan. Usaha produksi kue bisa memberikan keuntungan yang besar, daripada agen kue keuntungan produsen kue lebih besar jika melakukan pehitungan usaha dengan tepat.

Kue merupakan makanan yang populer masyarakat Indonesia dan tidak akan pernah surut. Sebagian orang bahkan selalu menyediakan dan mengkonsumsi kue di rumah. Pada moment istimewa, kue pun masih menjadi makanan yang penting.

Melihat fenomena tersebut sangat jelas kalau usaha produksi kue masih menjanjikan keuntungan yang besar. Kamu yang sedang bingung mencari ide bisnis yang tepat untuk dijalankan bisa mencoba usaha kue rumahan sebagai bisnis di rumah dengan modal kecil.

Usaha ini dapat menjadi bisnis sampingan kamu untuk menambah penghasilan keluarga, tapi bisnis kue juga bisa menjadi penghasilan utama jika menekuninya dengan serius karena keuntungannya bisa sangat besar kalau kamu mampu mengembangkannya. Beberapa orang mampu sukses dalam bisnis kue yang berawal dari usaha rumahan berkat ketekunan dan kesriusan mereka dalam menjalankan usahanya.

Bagaimana memulai Usaha Kue Rumahan

Sebelum memulai Usaha Produksi Kue Rumahan ada dua aspek penting yang perlu kamu perhatikan.

Pertama Punya Pengetahuan dan Keterampilan

  • Kamu harus mempunyai pengetahuan dan keterampilan dalam membuat kue yang enak dan lezat.
  • Kamu harus memiliki strategi pemasaran yang tepat agar produksi kue kamu bisa cepat habis terjual, misalnya menitipkan kue ke toko atau supermarket, menjual kue secara langsung dan menggunakan sistem pesanan.
  • Memiliki jaringan pemasaran yang luas. Untuk mengembangkan jaringan pemasaran, kamu tentu harus memiliki banyak relasi karena itu jalinlah hubungan baik dengan banyak orang terutama para pelaku usaha lainnya.
  • Dapat memilih jenis kue yang tepat dengan pasar, bila perlu produksi kue dengan beragam jenis, tapi modalnya tentu akan semakin besar.
  • Dapat membaca selera pasar yang sedang trend. Kamu dapat mencari informasi jenis kue yang banyak peminat oleh masyarakat.
  • Memiliki kemampuan dalam mengenali karakteristik kue, misalnya berapa lama waktu pembuatan kue dan berapa lama jenis kue tersebut dapat bertahan.
  • Untuk meningkatkan kualitas kue kamu harus tahu cara yang baik dan benar dalam mengepak kue, jika salah hal ini bisa mengurangi kualitas produk kue kamu.
BACA:  Bisnis Foto Copy di Sekitar Kampus atau Sekolah

Kedua Modal yang Dibutuhkan

Modal uang merupakan modal utama, selain untuk membeli peralatan membuat kue juga untuk membeli bahan-bahan membuat kue.peralatan membuat kue, Peralatan sangat penting dalam pembuatan kue, tanpa peralatan mustahil kamu bisa membuat kue. Bila kamu sudah memiliki beberapa peralatan maka tinggal membeli peralatan yang belum ada, ini tentu akan sedikit menghemat modal kamu .

Modal Kerja maksudnya pekerja,jika produksi kue masih sedikit maka kamu masih bisa mengerjakannya sendiri akan tetapi jika produksinya semakin besar maka tentu membutuhkan tenaga tambahan artinya kamu perlu mencari karyawan untuk membantu pekerjaan pembuatan kue.

Hambatan yang Mungkin Terjadi Dalam Bisnis Kue Rumahan

Dalam menjalankan usaha atau bisnis halangan dan rintangan merupakan hal umum yang dihadapi setiap pelaku usaha. Oleh sebab itu kamu harus siap dengan semua hambatan yang mungkin terjadi.

Dalam bisnis kue rumahan ada beberapa hambatan yang harus kamu hadapi :Persaingan semakin ketat karena yang menjalankan usaha ini sudah banyak sehingga untuk mengembangkan usaha kue kamu harus banyak berinovasi misalnya dengan menciptakan rasa baru dan menghias kue menjadi lebih unik dan menarik.

Selain harus pintar membuat Inovasi agar mampu bersaing dengan pelaku usaha lain yang sudah lebih dulu maka kamu juga harus pandai memasarkannya.

Strategi Bisnis Produksi Kue Rumahan

Untuk mengembangkan usaha produksi kue, ada beberapa strategi bisnis yang bisa kamu lakukan yaitu sebagai berikut :

  • Belajar dari Pesaing, ambil semua hal yang baik dari pesaing kamu.
  • Menentukan Lokasi usaha, karena kamu memulainya sebagai usaha rumahan maka bisa menggunakan tempat tinggal kamu sebagai tempat usaha, namun bila usaha terus berkembang carilah tempat yang strategis sehingga memudahkan konsumen.
  • Memodifikasi pola penjualan produk, misalnya melakukan sistem penjualan mulai dari menjual ke konsumen langsung perorangan hingga menjual kepada agen atau distributor.
  • Menentukan harga yang kompetitif
  • Mempromosikan produk lewat internet, misalnya melalui media sosial seperti Facebook, twitter, instagram, BBM, Forum atau kamu bisa juga membuat website untuk memasarkan kue secara online.
  • Berkreasi dengan menciptakan kue bentuk baru dan varian rasa yang baru untuk lebih menarik konsumen.
  • Tentukan Nama usaha. Ini penting agar usaha kue kamu muda dikenal orang dan ketika konsumen membeli kue kemudian mereka merasa kue kamu enak maka mereka akan menceritakan kepada teman dan keluarga mereka nama usaha kamu .
BACA:  7 Tips Memilih Bisnis Franchise Yang Tepat

Analisis Bisnis Kue Rumahan

Modal Awal :

Peralatan

Mixer ===================> Rp 1.500.000,-

Blender ==================> Rp 500.000,-

Oven ===================> Rp 500.000,-

Loyang dan cetakan kue ======> Rp 1.000.000,-

Timbangan Kue ============> Rp 1.000.000,-

Jumlah ===================> Rp 4.500.000,-

Selama 4 tahun peralatan akan mengalami penyusutan dengan nilai residu Rp 1.000,- dengan menggunakan metode penyusutan garis lurus. Perhitungan biaya penyusutan per tahun = (Rp 4.500.000, – Rp 1.000,):4 = Rp 1.124.750,- per tahun atau sama dengan Rp 93.729,- per bulan.

Perlengkapan:

Kantong Plastik ===========> Rp 100.000,-

Stoples =================> Rp 300.000,-

Lakban =================> Rp 50.000,-

Alat tulis ===============> Rp 50.000,-

Jumlah total =============> Rp 4.500.000,-

Bahan Baku Kue =========> Rp 2.000.000,-

Perhitungan Laba/Rugi per bulan

Pendapatan (50 kue X 30 hari X Rp 3.500,) Rp 5.250.000,-

Biaya-biaya :

Bahan baku ======================> Rp 2.000.000,-

Perlengkapan ====================> Rp 500.000,-

Listrik, air dan telepon ==============> Rp 300.000,-

Gaji karyawan ====================> Rp 750.000,-

Penyusutan peralatan ===============> Rp 93.729,-

Transportasi dan kirim ==============> Rp 300.000,-

Lain-lain ========================> Rp 100.000,-

Jumlah total biaya =====================> Rp 4.043.729,-

Jadi Laba bersih =======================> Rp 1.206.271,-

Jika kamu ingin menjalankan usaha kue ini secara musiman seperti menjelang Lebaran dan Natal maka sebaiknya lakukan promosi jauh-jauh hari. Usaha Produksi Kue Rumahan ini bisa memberikan keuntungan yang besar, kalau serius dalam menjalankannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here