Tips Mirroring HP Android ke Windows dan TV Paling Mudah
Tips Mirroring HP Android ke Windows dan TV Paling Mudah

Mau tahu bagaimana tips dan cara mirroring HP Android ke Windows dan TV? Simak langkah – langkah mudahnya di bawah ini.

Kita tahu bahwa saat ini perangkat PC, baik itu dekstop atau pun laptop kini sudah menjadi peranti pokok untuk melakukan berbagai aktifitas digital, diikuti smartphone untuk urutan berikutnya. Sayangnya, meski menawarkan banyak kemudahan dan kepraktisan bekerja dengan layar yang lebih lega dibanding smartphone, penggunaan PC ternyata tetap tidak bisa menggantikan beberapa fungsi HP, khususnya untuk urusan telekomunikasi.

Tak perlu khawatir, sebab Anda masih bisa membuat perangkat ponsel yang Anda miliki tersebut untuk kemudian dihubungkan ke PC dengan cara yang mudah, yakni mirroring. Namun sebelumnya tahukah Anda apa itu mirroring? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Pengertian Mirroring Secara Umum

Ya, sebelum kami akan membahas lebih jauh mengenai tips mirroring HP Android ke Windows dan TV, ada baiknya Anda terlebih dulu mengenai pengertian dari kata mirroring itu sendiri. Secara umum, pengertian mirroring adalah sebuah proses yang digunakan untuk menghubungkan dua perangkat. Dimana satu perangkatnya bertindak sebagai input, sementara itu untuk perangkat kedua bertindak sebagai output.

Di dalam proses mirroring ini nanti akan menampilkan apapun informasi yang ada di perangkat input, baik itu dengan menggunakan konektivitas nirkabel maupun konvensional dengan kabel. Misalnya pada ekosisten Android sendiri ada banyak sekali jenis aplikasi yang memungkinkan seseorang untuk bisa melakukan sreen mirroring ke PC Windows.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang direkomendasikan untuk melakukan proses mirroring dari HP Android ke Windows dan juga TV paling mudah.

BACA:  Tips Memindahkan Aplikasi di HP Android ke SD Card Tanpa Root

Tips Mirroring HP Android ke Windows dan TV Paling Mudah

Scrcpy

Tips mirroring HP Android yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Scrcpy. Ini merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan secara independen oleh pengembang, Genymobile. Aplikasi tersebut dikembangkan secara terbuka atau open source di Github. Aplikasi ini memiliki fitur dasar yang berupa koneksi mirroring dengan kabel USB yang mudah. Proses mirroring lewat aplikasi Scrcpy dianggap paling mudah, bahkan minim latency atau lag.

Artinya, apapun yang akan Anda lihat di layar PC merupakan tampilan di HP Android dengan jeda waktu yang tipis. Aplikasi Scrcpy pada dasarnya dapat digunakan secara nirkabel, tapi Anda harus korbankan latency yang nanti akan melonjak tinggi pada saat tersambung di mode wireless. Belum lagi ada persyaratan HP dan PC yang harus terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Vysor

Selanjutnya ada aplikasi Vysor, ini merupakan aplikasi hasil kembangkan ClockworkMod, yang menjadi salah satu pengembang aplikasi dan MOD HP Android veteran. Aplikasi tersebut memiliki fitur untuk memudahkan proses mirroring dari HP Android ke PC dengan menggunakan konektivitas kabel USB.

Meskipun terdengarannya hampir serupa dengan aplikasi di atas, tetapi pada kenyataannya aplikasi Vysor memiliki kelebihan lain, yakni berupa sambungan lewat browser Google Chrome yang jadi lebih versatile dibanding lewat jendela program Windows reguler. Tetapi tentunya Anda tetap bisa menggunakannya lewat mode ADB dari jendela program Windows reguler.

Miracast

Apabila Anda ingin screen cast dengan mudah dari HP Android ke TV, maka Anda bisa menggunakan aplikasi Miracast ini. Sebab, aplikasi Miracast mendukung banyaknya Android TV dan Set Top Box atau STB yang mendukung screen cast. Artinya, aplikasi Miracast bisa menggantikan perangkat cast seperti Google Chromecast atau semacamnya, yang secara cuma – cuma bisa Anda unduh langsung dari Google Play Store.

BACA:  Cara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android yang Mudah 2020

Demikianlah tips mirroring HP Android ke Windows dan TV paling mudah. Semoga informasinya bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here