Strategi Ampuh Agar UKM Tetap Bertahan
Strategi Ampuh Agar UKM Tetap Bertahan

Masa krisis akibat virus corona sekarang ini memberikan dampak yang buruk terhadap para pebisnis, khususnya UKM. Kali ini kita akan membedah dan membahas tentang bagaimana strategi agar UKM dapat bertahan dalam masa-masa sulit atau krisis.

Menurunnya tingkat pendapatan sangat terasa oleh mereka sejak pandemi ini melanda negeri. Tentu bukan hal yang mudah untuk dilakukan agar bisnis yang mereka jalani tersebut tetap bertahan. Kita harus bisa memutar otak agar bisnis yang sudah berjalan tidak berhenti beroperasi alias bangkrut.

Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebagai pelaku usaha UKM ataupun UMKM. Salah satunya dalam hal produksi, hal ini harus kamu imbangi dengan tingkat konsumsi masyarakat terhadap produk yang kamu tawarkan tersebut. Jika tidak, jangan salahkan orang lain kalau secara perlahan keuntungan yang kamu dapatkan semakin sedikit.

Menerapkan strategi jitu adalah satu-satu jalan untuk mempertahankan bisnis kamu tersebut. Adapun strategi ampuh agar UKM tetap bertahan dalam masa pandemi covid-19 selengkapnya bisa kamu simak berikut ini.

Sebagian besar UKM sudah merasakan dampak buruk dari pandemi covid-19 ini. Salah satunya menyebabkan turunkan keuntungan yang bisa mereka dapat produk yang ditawarkan.

Hal ini menjadi PR tersendiri bagi para pelaku UKM, mau tidak mau harus menyusun strategi baru agar bisnisnya tersebut tetap bertahan dalam masa sulit ini.

Belum lagi asupan dana yang mereka gunakan untuk operasional dan modal usaha, jelas semakin mempersulit keadaan. Kalau tidak pintar-pintar mengelola dana, kemungkinan besar bisnis bakal runtuh alias bangkrut.

Strategi Ampuh Agar UKM Tetap Bertahan Di Masa Krisis

Meningkatkan Kualitas Produk atau Layanan UKM

Cara yang pertama agar sebuah bisnis tetap bertahan dan berkembang dalam masa pandemi yakni dengan meningkatkan kualitasnya. Perbaiki apa yang menjadi kekurangan dari produk yang sedang kamu kembangkan.

BACA:  Memahami Bisnis Laundry dan Cara Menjalani Usaha ini

Meningkatkan kualitas produk atau jasa tentunya bisa membangkitkan kepuasan bagi para pelanggan. Dari sini mereka akan senantiasa memakai produk atau layanan jasa yang kamu tawarkan tersebut.

Langkah awal yang harus kamu lakukan yakni menghentikan produksi sementara waktu. Setelah itu susun ulang strategi sehingga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Kalau sudah, imbangilah dengan penawaran yang tepat untuk para pelanggan.

Gunakan strategi pemasaran atau penawaran yang jitu sehingga nantinya akan meningkatkan penjualan yang cukup signifikan.

Mengoptimalkan Penggunaan Teknologi Agar Bertahan

Dalam era yang sudah modern seperti sekarang ini, teknologi menjadi salah satu sarana yang harus kamu manfaatkan dengan maksimal. Terutama untuk mengembangkan sebuah bisnis atau UKM.

Teknologi bisa kamu manfaatkan sebagai ajang untuk promosi produk atau layanan jasa. Misalnya saja menggunakan media sosial sebagai sarana promosinya. Gunakan juga perangkat teknologi seperti kamera untuk mengambil foto produk agar lebih profesional.

Selain itu, teknologi juga bisa kamu manfaatkan untuk hal lain dalam rangka mengembangkan sebuah bisnis. Misalnya saja tools-tools yang berguna untuk menganalisis pasar.

Analisis pasar seperti ini sangat penting agar kamu bisa mendapatkan sasaran yang tepat untuk bisnis kamu. Peningkatan layanan juga perlu mendapat perhatian, misalnya saja memaksimalkan penggunaan jasa antar untuk produk yang sudah terbeli oleh pelanggan.

Pelaku UKM Harus Meningkatkan Keahlian Diri

Inilah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh pelaku UKM, yakni meningkatkan keahlian diri. Kamu bisa mencoba mengikuti seminar, pelatihan atau semacamnya agar bisa mendapatkan ilmu baru seputar bisnis.

Ilmu atau keahlian yang sudah terserap tersebut nantinya bisa kamu terapkan pada bisnis yang sedang kamu jalankan.

Mengembangkan keahlian diri juga bisa menjadi investasi penting pada masa yang akan datang. Misalnya saja bisnis yang kamu jalankan saat ini kurang berhasil.

BACA:  Bisnis Foto Copy di Sekitar Kampus atau Sekolah

Maka kamu bisa memanfaatkan keahlian lain yang sudah kamu dapat tersebut untuk membangun bisnis yang berbeda. Meskipun konsepnya berbeda, setidaknya kamu sudah paham akan sistem dari sebuah bisnis.

Bertahan Dengan Produk dan Strategi Baru

Tidak ada salahnya untuk keluar dari jalur bisnis yang sudah kamu jalankan selama ini. Mungkin saja pandemi covid-19 membuat produk atau jasa yang kamu tawarkan sebelumnya sudah tidak laku lagi, atau paling tidak produk kamu tersebut sudah berkurang peminatnya. Kalau begitu, mencoba menghadirkan sesuatu yang berbeda bisa menjadi jalan terbaiknya.

Kamu bisa menghadirkan produk atau jasa baru yang tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat sekarang ini. Atau kelau memang tidak bisa, kamu bisa mencoba menghadirkan inovasi baru pada produk atau jasa yang sudah jalan sebelumnya tersebut.

Pastinya hal seperti ini akan membangkitkan daya tarik konsumen untuk menikmati produk atau layanan dari bisnis kamu.

Itulah tadi strategi ampuh agar UKM tetap bertahan meskipun dalam masa pandemi virus corona seperti sekarang ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here