Peluang Bisnis Makanan Burung Berkicau
Peluang Bisnis Makanan Burung Berkicau

Sektor peluang usaha di bidang makanan tentunya tak hanya makanan manusia saja yang memiliki potensi bagus hingga puluhan tahun ke depan. Namun peluang bisnis makanan untuk hewan ternak atau lebih tepatnya pakan untuk hewan ternak maupun hewan peliharaan juga punya potensi yang cukup menjanjikan.

Terlebih untuk hewan peliharaan seperti burung berkicau yang dari dahulu hingga sekarang pasarnya tak pernah sepi. Kebutuhan akan pakan burung di masyarakat kita seolah menjadi bagian penting bagi kehidupan ekonomi bagi beberapa orang yang berkecimpung di bidang Peluang Bisnis Makanan Burung ini.

Mungkin bisa kita lihat dari beberapa orang yang menggantungkan mata pencahariannya sebagai penjual burung berkicau maupun bermacam peralatan serta perlengkapan untuk peliharan. Di Indonesia sendiri memang ada banyak sekali orang yang gemar memelihara burung di rumah-rumah.

Terutama untuk burung berkicau merupakan salah satu jenis burung yang peminatnya cukup tinggi. Dan dari kondisi inilah yang membuat peluang besar bagi industri pakan hewan peliharaan baik dalam skala kecil maupun besar.

Peluang usaha seperti di bawah ini juga bisa kita coba di rumah meski dalam skala skala kecil maupun skala besar dan bisa dikemas dalam bentuk usaha sampingan maupun usaha rumahan.

Budidaya Ulat Hongkong

Mungkin banyak sekali orang yang jijik dengan ulat. Jangankan memegangnya, melihat saja sudah geli, mungkin sudah terbayang bagaimana risihnya.

Namun hewan yang bikin geli serta menjijikkan bagi kebanyakan orang ini potensinya cukup besar dalam hal budidaya untuk pakan hewan.

Meski cukup menggelikan namun ulat hongokong ini punya nilai ekonomis yang cukup tinggi. Karena ulat ini bila kita mampu memproduksi atau menternakkannya dalam jumlah banyak, sudah barang tentu akan punya nilai ekonomis yang tinggi.

BACA:  Tips Kelola Bisnis di Masa Pandemi Agar Tetap Tumbuh

Di mata para pecinta burung berkicau, ulat hongkong dianggap penting bagi kebutuhan konsumsi untuk burung peliharaan kesayangan.

Ulat hongkong biasanya mudah ditemukan di beberapa toko pakan burung dan pakan ternak. Namun tak jarang pasokan ulat hongokong untuk memenuhi kebutuhan pembeli sering kurang. Dan ini tentu menjadi sebuah Peluang Bisnis Makanan Burung bagi yang jeli memanfaatkan kondisi tersebut. Toh untuk menternakkan hewan menggelikan ini juga tidak teralu sulit.

Budidaya Semut Rang-Rang

Bila ulat banyak kita temukan di toko-toko pakan khusus ternak, mata tak kalah juga dengan kroto yang juga sangat dicari-cari oleh para pemelihara burung berkicau.

Kroto sendiri merupakan telur dari semut rang-rang yag biasa kita temukan di pohon mangga yang jika menggigit tangan kita rasanya cukup sakit.

Kini tren menternakkan semut rang-rang sedang ramai kota Yogja. Bahkan dari sana bisa kita beli sebuah paket ternak semut rangrang sebagai penghasil kroto dalam kemasan toples yang dihargai sekira seratus ribu per toplesnya.

Budidaya Jangkrik

Jangkrik juga tak mau kalah bila dilihat dari potensi Peluang Bisnis Makanan Burung. Hewan ini tergolong mudah diternakkan dan para pecinta burung berkicau pun minatnya terhadap jangkrik pun tak pernah surut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here