Cara Reset HP Android Mudah dan Gratis
Cara Reset HP Android Mudah dan Gratis

Ya, terkadang kita memang perlu melakukan reset HP. Ketika Anda menggunakan HP dari merek atau brand apapun, Anda mungkin menemukan perangkatmu mengalami beberapa masalah, seperti aplikasi yang tiba – tiba keluar, freesing, munculnya suara aneh atau justru tidak ada suara sama sekali, tidak dapat menyinkronkan dengan perang lain maupun masalah karena tidak bisa menerima dan membuat panggilan. Cara reset HP Android diyakini bisa menjadi jalan paling bijak untuk mengatasi masalah – masalah tersebut.

Tak perlu khawatir, cara mereset HP sebenarnya terbilang mudah. Namun, tidak sedikit orang belum tahu cara reset Android.

Melalui artikel inilah maka HP Android yang Anda miliki akan kembali ke pengaturan pabrik dan tentunya bisa digunakan seperti sedia kala. Mari simak panduan lengkapnya di bawah ini.

Cara Reset HP Android Mudah dan Gratis yang Bisa Dicoba Sendiri

Factory Reset dari Settings

Pertama adalah melalui menu Settings untuk cara reset HP Android mudah dan gratis yang bisa Anda coba sendiri. Selain mudah, cara ini dianggap paling aman sebab memang pada dasarnya tiap HP Android memiliki fitur factory reset yang bisa diakses lewat menu Settings. Untuk melakukannya, ikuti langkah dan panduannya berikut ini.

  • Settings
  • System
  • Advanced
  • Reset Options
  • Erase All Data (Factory Reset)

Setelah itu Anda perlu memasukkan PIN atau Pola Kunci layar yang digunakan, kemudian klik saja pada menu Erase Everything. Namun perlu diperhatikan bahwa semua data atau file pribadi dan mungkin berkas yang ada di media penyimpanan internat dan micro SD akan terhapus.

BACA:  Cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang Mudah, Dijamin Hidup Kembali!

Jadi, pastikan sebelum melakukan cara di atas Anda sudah melakukan pencadangan semua berkas di media penyimpanan yang ada di luar HP Androidmu.

Factory Reset dari Recovery

Perlu Anda tahu, bahwa salah satu alasan pengguna melakukan reset dari Recovery adalah karena sistem operasi Androidnya gagal menyala, atau yang biasanya disebut dengan brick.

Kondisi ini umumnya membuat HP Android tak bisa lagi memuat sistem dan jelas membuat HP Anda tidak bisa digunakan seperti biasanya. Tak perlu khawatir, sebab masih ada cara untuk menyelamatkan HP Android Anda saat brick, yakni dengan meresetnya dari Recovery.

Adapun fungsi Recovery sendiri adalah sebagai BIOS pada sistem Windows. Dimana Anda bisa melakukan beberapa fungsi mendasar yang akan mengubah sistem pengoperasian OS Android, hanya saja Recovery Android tak serumit dan sesulit seperti di pengaturan BIOS Windows.

Pada HP Android, Recovery bisa Anda lakukan pula lewat proses factory reset. Untuk langkah – langkahnya sebagai berikut.

  • Saat HP dalam keadaan off, silakan tekan tombol Power + Volume Down, tahan kombinasi tombol tersebut beberapa saat.
  • Layar HP akan tampilkan boot logo seperti biasa, tetapi pada sistem HP Android tidak akan dimuat seperti proses restart, melainkan HPmu akan masuk ke mode Recovery yang ditandai dengan adanya teks seperti “Reboot System Now” dan “Apply Update From External Storage”.
  • Apabila Anda mendapati ada tulisan seperti di atas, itu tandanya Anda sudah ada dalam Recovery, yang mana berarti Anda bisa memulai proses factory reset saat HP dalam keadaan mati atau off.
  • Lanjutkan dengan memilih Wipe Data untuk memulai proses reset.
  • Klik Yes saat ada konfirmasi “Wipe All User Data”.
  • Tunggu beberapa saat dan HPmu akan kembali normal seperti saat baru dibeli.
BACA:  Tips Mirroring HP Android ke Windows dan TV Paling Mudah

Demikainlah cara reset HP Android mudah dan gratis yang bisa dicoba sendiri. Semoga informasinya bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here