Cara Menggunakan PowerBank Agar Gak Gampang Rusak
Cara Menggunakan PowerBank Agar Gak Gampang Rusak

PowerBank menjadi barang penting, terutama bagi Anda yang gemar bermain game atau sering melakukan perjalanan jauh. Kenapa? Dengan PowerBank maka Anda tidak perlu khawatir lagi saat daya baterai smartphone habis. Namun sama dengan alat elektronik lainnya, PowerBank juga memiliki batasan umur.

Diketahui, umumnya PowerBank memiliki umur maksimum 500 kali charge. Namun bukan berarti PowerBank akan mati setelah melewati umur tersebut. Hanya saja kemampuannya untuk menyimpan energi listrik akan mengalami penurunan.

Ingin PowerBankmu bisa lebih awet? Gampang banget, ikuti cara menggunakan PowerBank yang baik dan benar berikut ini. Bukan hanya lebih awet, PowerBankmu pastinya juga tidak akan mudah rusak.

Cara Menggunakan PowerBank Agar Gak Gampang Rusak Wajib Dicoba

Charge dengan Daya Listrik yang Sesuai

Cara menggunakan PowerBank pertama agar lebih awet dan tidak mudah rusak adalah charge dengan daya listrik yang sesuai. Misalnya untuk 5 volt per 2 ampere, maka pengisian di bawah itu bisa membuat baterai yang ada di dalam PowerBankmu cepat rusak, bahkan pada beberapa kasus meledak.

Charge di Suhu Ruang Normal

Tahukah Anda berapa suhu ruang normal? Diketahui suhu normal ruangan adalah sekitar 25 derajat celcius. Penting untuk Anda tahu, bahwa suhu panas bisa berdampak buruk bagi PowerBank, yakni dapat memperpendek umur PowerBanknya.

Tidak Membuat PowerBank Bekerja Keras

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat PowerBank yang Anda miliki awet dan tidak mudah rusak, salah satunya adalah dengan tidak membuatnya bekerja lebih keras. Misalnya, menggunakan PowerBank sambil mengisi dayanya. Atau, karena terlalu seringnya menggunakan PowerBank saat Anda memainkan aplikasi atau bermain game – game berat.

BACA:  Cara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android yang Mudah 2020

Kegiatan yang seperti ini dipercaya dapat membuat PowerBank harus bekerja lebih ekstra. Panas berlebih akan muncul pada saat bekerja 2 kali lipat, dan pastinya yang demikian bisa merusak baterai PowerBank. Jika PowerBank Anda sudah rusak, artinya Anda harus mengeluarkan budget lagi untuk membeli yang baru.

Menjaga Agar Selalu Dalam Keadaan Kering

Berikutnya adalah dengan menjaga PowerBank agar selalu kering. Ya, kondisi lembab bisa sangat membahayakan bagi PowerBank. Sebab, yang demikian bisa memunculkan uap air yang nanti bisa menyebabkan bagian di dalam PowerBank mengalami korosi atau berkarat.

Mengisi Daya Sesekali Jika Tidak Digunakan

Jika Anda berencana untuk tidak lagi menggunakan PowerBank dalam waktu yang cukup lama, yakni lebih dari 1 bulan, maka tidak disarankan untuk membiarkan PowerBank Anda begitu adanya tanpa diisi dayanya sama sekali. Disarankan agar Anda terus mengisi dayanya sesekali agar lebih awet dan tidak gampang rusak. 1 kali dalam 1 bulan cukup agar kapasitas PowerBank Anda juga tidak ikut berkurang karena jarang dipakai.

Hindari Mengisi Ulang Terlalu Lama

Mungkin Anda salah satu diantara banyak orang yang sering membiarkan PowerBank di charge semalaman, terlebih lagi PowerBank yang memiliki kapasitas di atas 10.000 mAh. Cara ini ternyata sangat tidak baik dan wajib dihindari. Alasannya, charge PowerBank hingga semalaman meski PowerBank sudah dalam keadaan terisi penuh dapat memicu overheat dan kerusakan internal.

Jangan Sampai Jatuh

Terakhir adalah menjaga PowerBank agar tidak sampai terjatuh. Ini mungkin menjadi tantangan besar bagi pemilik PowerBank. Bagi kebanyakan orang, PowerBank terjatuh mungkin sudah menjadi hal lumrah. Tapi, tahu nggak sih kalau ternyata jatuhnya PowerBank dari ketinggian lebih dari 1 meter dapat menyebabkan kerusakan internal. Tidak ada salahnya jika Anda melengkapi PowerBankmu dengan silicon case untuk melindunginya saat terjatuh.

BACA:  Tips Mengubah HP Android Jadi Desktop PC Terbaru 2020

Demikian informasi seputar cara menggunakan PowerBank agar gak gampang rusak wajib dicoba. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here