Cara Mengatasi HP Kemasukan Air.
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air.

Cara mengatasi HP kemasukan air berikut ini penting untuk Anda ketahui. Bahkan meski saat ini sudah banyak produsen yang memproduksi HP dengan kemampuan tahan air, atau IP68, sayangnya masih banyak orang yang belum memiliki ponsel dengan kemampuan tersebut. Alasannya, harga HP dengan IP68 di pasaran terbilang mahal. Tak heran jika pada akhirnya air menjadi musuh utama bagi pemilik HP.

Jangan dulu panik ketika mendapati HP kesayangan tidak sengaja terkena cipratan air atau kehujanan sehingga membuat HPmu mati. Sebab, masih ada solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Simak selengkapnya di bawah ini.

Cara Mengatasi HP Kemasukan Air yang Mudah, Dijamin Hidup Kembali!

Jangan Langsung Dinyalakan

Cara mengatasi HP kemasukan air pertama adalah dengan tidak langsung menyalakannya. Ini karena pada saat HPmu terkena air atau sampai terendam air biasanya air-air tersebut akan langsung menyebar dan terserap ke semua perangkat. Jika Anda langsung menyalakannya, maka akan terjadi korsleting. Oleh karenanya Anda harus menunggu sampai benar – benar kering sebelum akhirnya mencoba menyalakan HP yang kemasukan air tersebut.

Jangan Pencet Sembarangan Tombol

Untuk yang satu ini sebenarnya ada kaitannya dengan poin di atas, jika HPmu terkena air atau basah, pada saat dinyalakan jangan langsung memencet sembarangan tombol. Kami paham bahwasannya mungkin Anda ingin langsung memastikan HPmu dalam keadaan baik – baik saja. Tapi tahukah Anda kalau ternyata hal tersebut justru akan merusak. Sebab, bisa saja air justru akan semakin masuk jika tombol – tombol yang ada Anda pencet sembarangan.

BACA:  Tips Memindahkan Aplikasi di HP Android ke SD Card Tanpa Root

Hindari Menjemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Bahkan meskipun Anda harus segera mengeringkannya saat mendapati HP terkena air, Anda tetap tidak disarankan untuk menjemur HP di bawah sinar matahari langsung. Karena yang demikian bisa merusak komponen yang ada di dalamnya. Jadi, daripada Anda menjemurnya sebaiknya mengeringkan HP yang basah atau terkena air tersebut dengan beras.

Hindari Menggoyang – Goyangkan HP

HP yang terkena air pastinya menjadi basah. Cara mengatasi HP kemasukan air yang selanjutnya adalah dengan mengambil HPmu tapi jangan digoyang – goyangkan. Mungkin maksud hati ingin menghilangkan air yang ada di dalam HP, tetapi hal ini justru membuat air semakin masuk ke dalam HP Anda. Cukup di lap saja dengan kain kering.

Jangan Mengeringkan dengan Hair Dryer

Ya, ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengeringkan HP yang kemasukan air, tetapi banyak juga yang salah caranya. Selain tidak disarankan untuk menjemur di bawah terik matahari langsung, Anda juga tidak boleh mengeringkan HP yang kemasukan air dengan hair dryer. Karena yang demikian justru meningkatkan resiko kerusakan pada komponen penting HP. Panas yang dihasilkan hair dryer diketahui dapat membuat komponen listrik yang ada di dalam HP menjadi cepat naik suhunya.

Menggunakan Vacuum Cleaner

Untuk mengerinkan HP kemasukan air yang lainnya adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Anda bisa menggunakan alat ini untuk mengeluarkan air dari HP. Hanya saja Anda tidak disarankan untuk menggunakan vacuum cleaner berukuran besar, cukup gunakan yang biasa digunakan untuk membersihkan debu di HP, alias vacuum cleaner USB.

Tunggu 1 – 2 Hari

Bahkan meski Anda memiliki keperluan yang penting sekalipun, tetapi ketika Anda mendapati HP kemasukan air disarankan untuk tidak langsung menggunakannya. Sebaiknya diamkan HP tersebut 1 – 2 hari dulu. Pastikan terlebih dulu HP Anda benar – benar kering dan aman untuk dinyalakan kembali.

BACA:  Cara Menggunakan Headset Bluetooth di HP Android yang Mudah 2020

Nah, itu dia cara mengatasi HP kemasukan air yang mudah, dijamin hidup kembali. Semoga informasinya bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here