Eksotisme Taman Nasional Baluran, Afrikanya Indonesia

492
Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran – Hallo sahabat traveller, ternyata untuk liburan seru dan menarik dengan suasana padang savana dan satwa-satwa liarnya tidak harus ke luar negri lho, karena di Indonesia sendiri terdapat juga destinasi wisata seperti demikian yakni Taman Nasional Baluran.

Untuk menjumpainya, kamu tinggal datang saja ke Jawa Timur, tepatnya di Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo. Di sana kamu akan menjumpai destinasi wisata yang dijuluki sebagai Africa van Java atau Little Africa itu. Hal ini tidak lain karena di sini terdapat padang savana luas yang penuh satwa liar. Sejauh mata memandang yang tampak adalah padan tandus, pohon-pohon kering dan bebatuan.

Mempunyai luas sekitar 25 ribu hektar, taman Baluran juga disebut sebagai miniatur hutannya Indonesia, sebab hampir seluruh tipe hutan ada di taman nasional ini. Mulai dari vegetasi savana, hutan musim, hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa, hutan pegunungan bawah, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun (evergreen). Namu sekitar 40% diantarnya merupakan vegetasi savana.

Daya Tarik Taman Nasional Baluran (TNB)

Taman nasional baluran mempunyai beberapa titik menarik untuk dikunjungi, namun dari sekian banyak tersebut padang savana Bekol yang menjadi favorit pengunjung.

Savana Bekol sendiri memiliki luas sekitar 300 hektare dari total 10 ribu hektare luas savana di Baluran, yang sekaligus merupakan savana terluas di Pulau Jawa. Di padang Savana Bekol ini pengunjung dapat menyaksikan hamparan padang savana, hutan dan satwanya serta gunung Baluran yang berdiri kokoh dari kejauhan.

Jika berkunjung pada musim penghujan, pemandangn Bekol akan terlihat hijau dengan suasan sejuknya. Namun saat kemarau, padang savana dan hutan akan kering merangas bewarna kecokelatan dan sering mengakibatkan kebakaran. Suasana seperti itu ditambah beragam macam satwa liar yang berkeliaran seperti rusa, banteng, monyet ekor panjag hingga burung merak, membuat pemandangan di savana Bekol sangat mirip dengan pemandangan di gurun Afrika.

Taman Nasional Baluran

Disini juga terdapat menara pandang setinggi 30 meter yang letaknya di atas bukit tepat di belakang pos Bekol. Dari menara pandang ini pengunjung dapat melihat pemandangan indah Taman Nasional Baluran dari Ketingian.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Biaya masuk Taman Nasional Baluran ini bervariasi berdasarkan asal wisatawan.

  • Harga tiket masuk saat weekday mulai dari Rp 15.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp 150.000 per orang untuk wisatawan manca negara.Tarif parkir untuk hari tersebut: Rp 5.000 untuk roda dua, Rp 10.000 untuk roda 4 dan Rp 50.000 untuk roda 6 (bus).
  • Harga tiket masuk saat weekend mulai dari Rp 7.500 per orang untuk wistawan lokal dan Rp 225.000 per orang untuk wisatawan manca negara.Tarif parkir untuk hari tersebut: Rp 7.500 untuk roda dua, Rp 15.000 untuk roda 4 dan Rp 75.000 untuk roda 6 (bus).

Itualah tadi sedikit review tentang ke-eksotisan Taman Nasional Baluran yang dikenal sebagai Afrikanya Indonesia. Tertarik untuk mengunjunginya? Persiapkan semuanya dari sekarang. Happy travelling!

Komentar