Puncak Kosakora Yogyakarta, Wisata Yang Sedang Hits

275
Puncak Kosakora Yogyakarta
Puncak Kosakora Yogyakarta

Percaya atau tidak, Puncak Kosakora di Yogyakarta yang merupakan bagian dari perbukitan karst Gunung Sewu ini kini telah menjadi destinasi wisata yang lagi hits-hitsnya di Yogyakarta. Sejak menampakkan pesonanya sebagai spot background foto favorit di jejaring sosial, puncak atau bukit Kosakora tidak hanya diburu para traveler, muda mudi yang kekinian pun juga tidak mau sampai ketinggalan mengabadikan pengalaman menjajaki kaki di Puncak Kosakora Yogyakarta ini.

Daya Tarik Puncak Kosakora

Terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Puncak Kosakara ini mempersembahkan pemandangan yang begitu memanjakan indra penglihatan setiap pengunjungnya. Meskipun hanya setinggi 50 meter jangan beranggapan bahwa tidak ada yang dinikmati dari atas sini.

Ketika kamu akan mendaki, simfoni indah alam sudah mulai terasa dengan deboran obak yang menyapu bibir pantai yang akan mengiringi setiap langkah pendakian kamu. Angin pantai pun seakan tidak mau kalah untuk menemani setiap pijakan kamu hingga mencapai puncaknya nanti.

Sesampainnya di puncak Kosakara ini, daratan luas berselimutkan rumput bak permadani hijau akan menjadi pemandangan pertama yang akan kamu saksikan, dari atas hamparan rumput tersebut kamu dapat leluasa menikmati keindahan laut lepas yang terbentang indah. Sunsite dan sunrise yang begitu sempurna serta Jajaran perbukitan dan pantai-pantai cantik di sepanjang pesisir Gunungkidul pun juga bisa kamu saksikan.

Dari Pantai ini kamu dapat menikmati 9 panorama pantai. Pantai Ngrumput yang tepat berada di bawahnya, Pantai Krakal dan Pantai Drini yang mengapitnya, Pantai Sepanjang, Pantai Watu Kodok, Pantai Lolang di sisi barat dan Pantai Sadranan dan Pantai Ngandong di sisi timur.

Sebuah papan kayu bertuliskan “Puncak Kosakora” seolah menjadi jejak yang wajib ada dalam foto kamu saat berada di tempat yang sungguh ‘aduhai’ ini. Puncak Kosakora Yogyakarta sangat cocok bagi kamu yang ingin sejenak merehatkan pikiran dari segala aktivitas dan menghirup segarnya aroma laut dan alam yang menyenangkan. Sangat dianjurkan untuk mendaki bersama rombongan keluarga atau teman untuk menambah keseruan.

Oh ya, berwisata tentu tidak akan terasa lengkap jika tidak bermalam apalagi di tempat yang seindah Puncak Kosakara ini. Di puncak Kosakara ini Kamu bisa menikmati segala keindahannya dengan berkemah. Tenang, untuk biaya lumayan terjangkau cukup Rp 60.000 untuk tenda kecil dan Rp 100.000 untuk tenda besar. Anyway, Puncak Kosakora Yogyakarta ini terdapat dua pengelola yakin oleh masyarakat setempat dan Amarei Hill yang dikelola oleh investor. Masing-masing pengelola mematok harga berbeda untuk fasilitas berkemahnya nya.

Fasilitas lainnya pun jug tersedia di Puncak yang satu ini seperti toilet yang memadai dan warung-warung kecil yang menyediakan aneka minuman dan makanan ringan. Sayangnya, warung ini tidak selalu buka dan tidak ada jadwal tetap kapan dia buka dan tutup. Sangat disarankan untuk kamu yang ingin mendaki untuk membawa bekal secukupnya agar tidak kehausan atau kelaparan yang dapat merusak momen indah di puncak ini.

Harga Tiket Puncak Kosakora

Panorama alam Gunung Kidul yang mempesona ini dapat kamu nikmati tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam. Cukup membayar tiket masuk Rp 10.000/orang, pengunjung sudah bebas masuk ke pantai yang ada di sekitarnya. Lalu untuk mendaki dan menikmati romantisme dari puncak, cukup membayar Rp 2.000/orang. Dan tiket parkir motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000.

Itulah review singkat tentang pesona Puncak Kosakora di Yogyakarta. Tertarik untuk mengunjunginya? Buruan OTW!

Komentar