Pentingnya Penggunaan Hormon Insulin Untuk Mengendalikan Gula Darah

231
Gula Darah - Penggunaan Hormon Insulin
Gula Darah - Penggunaan Hormon Insulin

Hormone insulin adalah salah satu bagian yang sangat penting didalam system metabolisme. Apabila tidak ada hormone insulin akan mengakibatkan berhentinya fungsi tubuh.

Insulin sendiri merupakan hormone yang secara alami di produksi oleh kelenjar pankreas, kelenjar pankreas akan menghasilkan hormone insulin ketika kita sedang makan biasanya hormone insulin dihasilkan dari glukosa makanan kemudian di ubuh menjadi energy dan di salurkan ke seluruh bagian tubuh. Hormone insulin juga membantu tubuh didalam menyimpan sisa dari energy tersebut.

Gula Darah dan Insulin

Insulin dapat membantu didalam mengontrol kandungan gula darah didalam tubuh. Cara kerja dari hormone insulin sendiri ialah dengan memberi sinyal kepada sel lemak, hati dan otot, untuk bekerja mengambil glukosa dari dalam darah serta mengubah nya kedalam bentuk glikogen pada sel otot, dan triglerisida pada sel lemak keduanya pada sel hati. Bentuk inilah sumber energy yang disimpan didalam tubuh.

Selama pancreas dapat memproduksi insulin dengan cukup serta tubuh bisa menggunakan nya dengan cara yang benar, gula darah didalam tubuh pasti akan selalu berada pada kisaran yang baik. Hal ini dikarenakan apabila kadar glulkosa didalam tubuh terlalu banyak ataupun terlalu sedikit akan berakibat pada kesehatan tubuh.

Apabila terjadi penumpukan berlebih glukosa pada darah (hiperglikemia) bisa mengakibatkan kompilasi dan rusaknya ginjal serta saraf dan juga masalah pada bagian mata. Apabila kadar glukosa terlalu sedikit didalam darah (hipoglikemia) bisa membuat kita cepat mersa lelah, bingung, mudah marah, dan bisa kelingan kesadaran.

Jika insulin didalam gula darah tidak mencukupi bisa berakibat sel tubuh menjadi kelaparan. Insulin yang tidak cukup samahalnya dengan glukosa yang tidak bisa di uraikan serta sel tidak mungkin untuk menggunakannya. Akibat dari kurangnya insulin ini ialah lemak didalam tubuh akan mulai di uraikan untuk membuat energy, dan proses penguraian lemak tersebut akan membuat terjadinya penimbunan bahan kimia yang biasa disebut dengan keton.

Zat kima keton yang tertimbun didalam darah serta urine akan sangat berbahaya, karena bisa memicu terjadinya ketoasidosis pada pengidap penyakit diabetes. Ketoasidosis bahkan dapat mengancam jiwa apabila tidak ditangani dengan cepat dan benar. gejala yang paling umum ialah seringnya buang air kecil selama satu hari atau beberapa hari, muntah, naiknya denyut jantung, pusing, sesak napas, sakit perut, mengantuk, merasa haus dan lelah serta kehilangan kesadaran.

Apabila Insulin Terganggu

Apabila produksi insulin serta kinerja dari insulin terganggu bisa mengakibatkan beberapa kondisi serta beberapa penyakit yang menyerang misalnya :

Diabetes mellitus, merupakan penyakit akibat dari tingginya kadar gula darah dan mengakibatkan tubuh tidak mampu mengubah glukosa menjadi energy. Glukosa tidak mampu di ubah menjadi energy dikarenakan jumlah dari insulin tidak cukup serta bisa juga insulin didalam tubuh tidak bekerja dengan benar.

Insulinoma merupakan tumor yang terdapat pada kelenjar pancreas sehingga mengakibatkan produksi dari insulin menjadi berlebihan.

Sindrom metabolic, yang merupakan factor resiko yang bisa meningkatkan terjadinya resiko penyakit jantung serta beberapa masalah kesehatanlainnya seperti diabetes, serta stroke. Keadaan ini dimana kinerja dari insulin tidak mampu untuk menurunkan kadar gula darah didalam tubuh, juga biasa di sebut dengan resistensi insulin, bisa mengakibatkan meningkatnya sindrom metabolic. Dimana resistensi dari insulin ini bisa berakibat pada naiknya kadar gula darah.

Sindrom ovarium polikistik, secara umum kondisi ini dapat mempengaruhi kinerja dari ovarium. Sindrom ini berkaitan erat dengan kadar hormone yang tidak normal didalam tubuh, missalnya kandungan insulin didalam tubuh yang terlalu tinggi. Banyak wanita yang terkena sindrom ini juga mengalami resistensi dari insulin, yang berakibat pada insulin yang di produksi oleh tubuh semakin banyak.

Komentar