Cara Mengatasi Bau Mulut dan Beberapa Penyebabnya

172
Cara Mengatasi Bau Mulut
Cara Mengatasi Bau Mulut

Walaupun bau mulut bukan masalah medis yang termasuk gawat, bukan berarti hal ini dapat di abaikan begitu saja. Cara mengatasi bau mulut perlu dilakukan beberapa cara.

Bau mulut yang tidak enak dapat disebabkan oleh berbagai hal. Walupun penyebab dari bau mulut beragam, menurut studi yang telah dilakukan bahwa 80 persen dari penyebab bau mulut disebabkan oleh masalah kesehatan pada bagian gigi dan juga mulut misalnya saja gigi berlubang. Oleh sebab itu dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Penyebab Bau Mulut

Terjadinya bau mulut tidak hanya di akibatkan oleh ganguan pada kesehatan gigi dan juga makanan yang memiliki bau menyengat. Ada beberapa hal lain yang dapat menyebabkan terjadinya bau mulut, berikut ini merupakan beberapa masalah yang dapat menimbulkan bau mulut :

  • Xerostomia, merupakan keringnya mulut yang di akibatkan oleh ganguan dari produksi dari air liur disebabkan karena bakteri menumpuk pada bagian rongga mulut.
  • Terjadinya gangguan saluran pencernaan misalnya saja terinfeksi bakteri H.pylori.
  • Sinusitis yang dapat menghasilkan post nasal drip, merupakan cairan kental pada rongga sinus ke bagian tenggorokan.
  • Terjadi ganguan pada hati.
  • Terkena infeksi pada saluran pernafasan misalnya bronchitis kronis.

Selain dari beberapa masalah di atas bau mulut juga bisa disebabkan oleh kurangnya kebersihan mulut, rokok, jenis minuman dan makanan tertentu, serta diet berlebih sehingga bisa membuat kurangnya karbohidrat.

Apabila anda telah melakukan kegiatan dalam menjaga kesehatan mulut namun bau mulut tetap tidak hilang tidak ada salah ya agar anda mencoba beberapa cara ini terlebih dahulu.

Cara Mengatasi Bau Mulut

Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa di coba untuk mengatasi bau mulut :

  • Melakukan sikat gigi sebanyak dua kali sehari.
  • Apabila anda menggunakan gigi palsu sebaiknya lepas dan bersihkan supaya tidak ada bakteri yang menempel.
  • Mengganti sikat gigi sekurang-kurangnya dua bulan sekali
  • Membersihkan lidah dan juga minum air setelah bangun tidur agar dapat menghilangkan bau mulut
  • Megecek kesehatan gigi sekurang – kurangnya enam bulan sekali
  • Menghindari konsumsi kopi berlebih dan juga berhenti merokok apabila anda merokok
  • Menghindari konsumsi alkohol

Anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang anda makan. Misalnya anda harus menghindari makanan seperti bawang bombai, serta bawang putih yang mempunyai bau sangat menyengat. Selanjutnya anda sebaiknya memilih cemilan sehatmisalnya wortel dan juga apel karena kandungan air yang terdapat diadalam makanan tersebut dapat membantu dalam membersihkan mulut. Dengan mengkonsumsi makanan sehat serta makan secara teratur dapat membantu dalam mencegah bau mulut.

Selain dari beberapa cara yang di sebutkan di atas anda juga dapat menggunakan obat kumur penghilang bau mulut. Tetapi biasanya obat kumur ini hanya akan mampu membatu menghilangkan bau mulut sementara. Sebaiknya anda berkonsultas dengan dokter cairan atau obat kumur mana yang dapat membantu didalam memberihkan dan juga membunuh bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

Secara umum sebagian besar masalah yang terjadi pada mulut di sebabkan oleh gangguan kesehatan di bagian gigi serta mulut dikarenakan bakteri. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi serta mulut agar anda dapat menghindari bau mulut, dan apabila penyebab terjadinya bau mulut disebabkan oleh beberapa jenis penyakit tertentu sebaiknya anda harus berkonsultasi dengan dokter terkait masalah tersebut.

Komentar