5 Manfaat Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Pergi Berlibur Sendiri

172
Berlibur Sendiri
Berlibur Sendiri

Berlibur memang terkesan harus selalu dilakukan berasama orang-orang terdekat seperti, sahabat, keluarga atau pasangan. Padahal, hal tersebut hanyalah kebiasaan. Sekali-kali kamu sepertinya patut mencoba sensasi pergi berlibur sendiri (Solo travelling). Pasalnya, liburan sendiri memiliki beberapa manfaat luar biasa yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya. Apa saja manfaatnya? Berikut 5 manfaat pergi liburan sendiri yang perlu kamu ketahui.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Percaya atau tidak, orang yang selalu jalan-jalan dengan orang lain cenderung tidak memiliki kepercayaan diri yang seseungguhnya atau kepercayaan dirinya hanya sedikit. Nah, dengan melakukan solo traveling dijamin deh kepercayaan diri kamu akan meningkatkan drastis.

  1. Kesempatan Memiliki Teman Baru

Pergi berlibur sendiri bukan berarti benar-benar sendiri, kamu berkesempatam untuk mengenal orang baru. Jangan ragu untuk berkenalan atau membuka diri dengan lingkungan sekitar karena mereka akan memberimu pengalaman baru dan juga cerita baru tentunya. Bahkan banyak penelitian yang menyatakan bahwa jika kamu berlibur sendirian dan berinteraksi sosial selain bermanfaat menurunkan tingkat stres juga bermanfaat meningkatkan fungsi kognitif.

  1. Jauh Lebih Hemat

Yang tadi nya mau hemat, eh malah kebablasan akibat tidak enak menolak ajakan teman untuk beli ini beli itu saat berlibur. Nah masalah seperti itu tentu tidak akan pernah kamu alami jika kamu pergi liburan sendiri. Kamu secara langsung bisa mengatur pengeluaran sesuai target dan budget yang telah kamu siapkan. Kamu pun juga akan bebas dalam menentukan alat transportasi atau makanan yang kamu suka tanpa perlu khawatir gengsi jika terlalu murah (yang penting sehat).

  1. Pengalaman Lebih Nyata

Pengalaman lebih nyata dapat kamu dapatkan dengan melakukan solo travelling. Di sana kamu akan mempelajari  dan mengeksplorasi segala hal-hal secara langsung tanpa campur tangan orang lain seperti suvive, belajar adaptasi dengan lingkungan baru, teman baru, budaya baru, bahasa dan karakter yang berbeda.

  1. Liburan Lebih Fleksibel dan Lebih Berkesan

Liburan sendiri membuat kamu tidak terikat dengan tujuan dan jadwal yang disepakati atau hal-hal lainnya. So, liburan kamu dijamin akan terasa lebih bebas dan fleksibel. Selain itu kesannya pun akan lebih terasa, tak jarang seseorang merasa bahwa liburannya biasa-biasa saja ketika ia menikmatinya dengan orang lain. Namun kesan ini segera berubah ketika orang itu berusaha memberanikan diri untuk melakukan solo traveling.

Itulah tadi beberapa rangkain manfaat yang akan kamu dapatkan jika pergi berlibur sendirian. Sebenarnya kita memang selalau membutuhkan orang lain disekitar kita. Namun, kadang kita juga harus menantang diri kita dan jadi mandiri tanpa harus selalu bergantung kepada orang lain. Happy Travelling.

Komentar